Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan penyusunan, perencanaan dan pengelolaan urusan keuangan, kepegawaian dan umum serta mengkoordinasikan secara teknis dan administratif pelaksanaan kegiatan dinas.

Sekretariat mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan Renstra dan Renja;
  2. Penyusunan RKA;
  3. Penyusunan dan pelaksanaan DPA dan DPPA;
  4. Penyusunan PK;
  5. Pelaksanaan dan pembinaan ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan;
  6. Pengelolaan urusan kehumasan, keprotokolan dan kepustakaan;
  7. Pelaksanaan urusan rumah tangga;
  8. Pelaksanaan administrasi dan pembinaan kepegawaian;
  9. Pelaksanaan pembelian/pengadaan atau pembangunan aset tetap berwujud yang akan digunakan dalam rangka penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi;
  10. Pelaksanaan pemeliharaan barang milik daerah yang digunakan dalam rangka penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi;
  11. Pelaksanaan kebijakan pengelolaan barang milik daerah;
  12. Pengelolaan anggaran belanja;
  13. Pelaksanaan administrasi keuangan dan pembayaran gaji pegawai;
  14. Pelaksanaan verifikasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) keuangan;
  15. Pengkoordinasian penyusunan tindak lanjut hasil pemeriksaan;
  16. Penyusunan dan pelaksanaan SP dan SOP;
  17. Pelaksanaan SPI;
  18. Pelaksanaan SKM dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
  19. Penyusunan Laporan Kinerja Perangkat Daerah;
  20. Pengelolaan pengaduan masyarakat di bidang lingkungan hidup;
  21. Penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui website Pemerintah Daerah;
  22. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi; dan
  23. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas pokoknya.

Sekretariat terdiri dari :

  1. Sub bagian Perencanaan dan Keuangan; dan
  2. Sub bagian Umum dan Kepegawaian .

Masing-masing Sub bagian dipimpin oleh Kepala Sub bagian yang dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Sub bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas :

  1. Penyusunan Renstra dan Renja;
  2. Penyusunan RKA;
  3. Penyusunan dan pelaksanaan DPA dan DPPA
  4. Penyusunan PK;
  5. Penyusunan laporan dan dokumentasi pelaksanaan program dan kegiatan;
  6. Penyusunan dan pelaksanaan SP dan SOP;
  7. Pelaksanaan penatausahaan keuangan;
  8. Pelaksanaan verifikasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) keuangan;
  9. Penyusunan dan penyampaian laporan penggunaan anggaran;
  10. Penyusunan dan penyampaian laporan keuangan semesteran dan akhir tahun;
  11. Penyusunan administrasi dan pelaksanaan pembayaran gaji Pegawai;
  12. Pelaksanaan SPI;
  13. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi; dan
  14. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas pokoknya.

Sub bagian Umum dan Kepegawaian melaksanakan tugas pokok pengelolaan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, ketatausahaan, kepegawaian, urusan rumah tangga, perlengkapan, kehumasan dan kepustakaan serta kearsipan, evaluas dan pelaporan.

Sub bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi:

  1. Pelaksanaan DPA dan DPPA;
  2. Pelaksanaan ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan;
  3. Pelaksanaan administrasi kepegawaian;
  4. Pelaksanaan kehumasan, keprotokolan dan kepustakaan;
  5. Pelaksanaan urusan rumah tangga;
  6. Pelaksanaan pembelian/pengadaan atau pembangunan aset tetap berwujud yang akan digunakan dalam rangka penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi;
  7. Penyusunan Laporan Kinerja Perangkat Daerah;
  8. Pelaksanaan SKM dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
  9. Penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui website Pemerintah Daerah;
  10. Pelaksanaan pemeliharaan barang milik daerah yang digunakan dalam rangka penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi;
  11. Pelaksanaan dan penatausahaan barang milik daerah;
  12. Pengelolaan pengaduan masyarakat di bidang lingkungan hidup;
  13. Pelaksanaan SPI;
  14. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi; dan
  15. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas pokoknya.

Close