SPPL

SPPL adalah pernyataan kesanggupan dari penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan untuk melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup atas dampak lingkungan hidup dari usaha dan/atau kegiatannya di luar usaha dan/atau kegiatan yang wajib Amdal maupun UKL-UPL.

PERSYARATAN REKOMENDASI SPPL:

  1. Surat Permohonan dari Penanggungjawab Usaha dan/atau Kegiatan;
  2. Formulir permohonan yang telah diisi;
  3. Fotocopy KTP Penanggungjawab usaha dan/atau kegiatan yang masih berlaku;
  4. Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan (untuk berbadan hukum) / Pendirian Lembaga Pemerintah;
  5. Fotocopy NPWP;
  6. Fotocopy bukti kepemilikan lahan (Sertifikat tanah/Perjanjian Sewa-menyewa/akta jual beli atau lainnya);
  7. Surat persetujuan tetangga.

TAHAPAN PENYELESAIAN REKOMENDASI SPPL

  1. Penerimaan Formulir SPPL
    1. Pemohon (Penanggungjawab usaha dan/atau kegiatan) mengajukan surat permohonan dilengkapi dengan formulir permohonan
      yang telah diisi dan ditujukan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto;
    2. Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto memberikan tanda terima atas formulir permohonan.
  2. Pemeriksaan Formulir SPPL dan survei lokasi / usaha dan/atau kegiatan
    1. Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto melaksanakan pemeriksaan terhadap isian formulir dan kelengkapan informasi
      serta dokumentasi administrasi dan apabila persyaratan dokumen dinyatakan tidak lengkap maka segera dikembalikan
      kepada Pemohon untuk dilengkapi;
    2. Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto melakukan suvei lokasi / usaha dan/atau kegiatan untuk mengetahui apakah permohonan
      yang diajukan telah sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.
  3. Penerbitan rekomendasi SPPL
    1. Apabila pemeriksaan awal terhadap persyaratan administrasi dinyatakan lengkap dan survei lokasi telah dilakukan,
      maka Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto menerbitkan Rekomendasi SPPL.

CATATAN :

* Permohonan Rekomendasi SPPL dapat diajukan secara online dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pemohon membuat surat permohonan dan mengisi formulir yang disertai berkas;
  2. Berkas permohonan yang telah lengkap dikirimkan melaui email ke alamat [email protected]
  3. Setelah dilakukan pemeriksaan dan berkas dinyatakan lengkap maka akan dilakukan survei lokasi (berkas permohonan beserta kelengkapannya akan diambil petugas pada saat melakukan survei);
  4. Rekomendasi SPPL yang telah selesai akan diinformasikan melalui email.

** Tahap / status pemrosesan akan disampaikan melalui website pada menu informasi.

Total Waktu Penyelesaian = 3 hari kerja

Dasar :

  1. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009;
  2. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2012;
  3. Peraturan Menteri Lingungan Hidup Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2013.

 

Download :

Download Formulir Rekomendasi SPPL

Download Surat Permohonan Rekomendasi SPPL

Download Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup

Close